5 Poin Penting Yang Perlu Di Perhatikan Ketika Akan Mengajukan Kredit Kendaraan

Mengajukan permohonan kredit kendaraan baik untuk mobil maupun motor roda dua sekarang ini telah begitu mudah dan sudah banyak lembaga keuangan maupun perusahaan leasing yang bisa membantu siapa saja untuk dapat mewujudkan rencana memiliki kendaraan idamannya.

Kebutuhan utama manusia saat ini bukan hanya sekedar sandang, pangan dan papan saja melainkan ada tambahan lagi yakni kendaraan. Kendaraan sudah merupakan barang penting dalam kehidupan manusia untuk melakukan mobilisasi.

Akan tetapi untuk bisa memilikinya seseorang membutuhkan budget khusus yang nilainya juga terbilang tidak kecil. Seiring dengan berkembangnya jaman semua fungsi teknologi diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah aktivitas manusia, begitupun kendaraan pribadi.

Mereka menilai kendaraan umum kurang memberikan kepuasan bagi penggunanya. Bukan itu saja bahkan naik kendaraan umum sekarang ini rentan sekali terjadi tindak kejahatan oleh sebab itu mereka lebih memilih memiliki kendaraan pribadi walaupun budget yang harus mereka keluarkan terbilang cukup besar.

Tentunya hal ini bukan menjadi masalah bagi orang yang memiliki penghasilan tinggi, namun bagaiman yang berpenghasilan rendah yang juga turut menginginkan hal yang sama. Akhirnya mereka harus berkorban dengan berhutang untuk bisa memilikinya.

Apalagi saat ini dealer – dealer kendaraan menawarkan kredit yang mudah dengan proses cepat, sehingga tidak heran jika masyarakat berbondong – bondong untuk mengajukan kredit kendaraan. Cicilannya pun terbilang cukup ringan untuk setiap bulannya. Meskipun demikian seseorang tetaplah membutuhkan manajemen keuangan yang baik untuk bisa memenuhi semua kebutuhannya.

Faktor apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum mengajukan kredit kendaraan?

Sebelum benar – benar mengambil kredit kendaraan alangkah baiknya jika anda memikirkan terlebih dahulu beberapa hal. Usahakan kondisi keuangan anda tetap baik walaupun dalam masa kredit.

1. Memastikan terlebih dahulu bahwa ada penghasilan mencukupi

Apakah dengan mengambil kredit kendaraan itu keputusan yang tepat? Sudahkah anda mempertimbangkannya. Hal ini memang penting adanya, karena dengan memiliki kondisi keuangan yang baik maka anda tidak akan merasa terbebani dengan kredit tersebut.

Dengan penghasilan yang anda miliki maka anda harus mengalokasikan sebesar 30% untuk membayar kredit kendaraan.

Namun bila penghasilan yang anda miliki tidak bisa memenuhi akan lebih baik jika anda memikirkan kembali untuk mengambil kredit tersebut. Mungkin di awal waktu akan terasa mudah akan tetapi lama kelamaan pasti akan terasa sangat berat hingga akibatnya terjadi kredit macet. Tentunya hal seperti ini tidak anda inginkan bukan? Selain kendaraan akan diambil tentunya masalah keuangan tetap akan melanda anda .

2. Memiliki sumber penghasilan tetap

Sesungguhnya penghasilan yang mumpuni pun masih belum cukup untuk menjamin lancarnya kredit kendaraan. Anda masih memerlukan penghasilan tetap supaya bisa konsisten dalam melakukan pembayarannya.

Namun yang seringkali menjadi masalah adalah gaji sudah besar namun pekerjaan yang didapat belum tetap. Kalau anda memutuskan untuk mengambil kredit kendaraan kami rasa itu bukan keputusan yang tepat. Kredit kendaraan itu dibutuhkan kedisiplinan dalam pembayaran, sehingga bila pekerjaan anda belum tetap bagaimana bisa menyelesaikannya.

Nah, hal seperti ini sangat penting untuk anda pikirkan. Mengambil kredit itu bukanlah perkara yang mudah, memang anda bisa langsung menggunakan kendaraannya. Akan tetapi bila anda tidak memanfaatkannya untuk kegiatan yang produktif maka tentu akan rugi.

3. Dapatkan kredit kendaraan yang sudah paket dengan asuransi

Satu hal lagi yang juga perlu menjadi pertimbangan anda adalah asuransi. Dalam pembelian kendaraan seharusnya asuransi sudah jadi satu paket beserta barangnya.

Tujuannya adalah untuk membantu pihak kreditur ketika suatu saat mengalami kesulitan. Peristiwa seperti itu pastinya tidak diinginkan oleh semua orang akan tetapi namanya musibah siapa yang tahu datangnya. Manusia hanya bisa melakukan jaga – jaga tanpa bisa mencegahnya. Oleh sebab itu adanya asuransi itulah sebagai bentuk perlindungan diri bagi pihak kreditur.

Simak juga ulasan terkait mengenai perbedaan kredit mobil melalui bank dan perusahaan leasing serta artikel menarik lainnya tentang situs online tempat mengajukan pinjaman uang dengan proses cepat.

4. Memperhitungkan tenor yang di ambil untuk mengetahui jumlah cicilan dengan cermat

Pengajuan kredit kendaraan itu bukanlah sekedar hutang bisa akan tetapi anda perlu memperhitungkannya dengan benar. Seringkali hal seperti ini masih disepelekan oleh masyarakat mengingat dengan DP yang kecil seseorang sudah bisa membawa pulang kendaraan yang diinginkannya.

DP kecil itulah yang justru akan mempersulit anda karena jangka waktu kredit yang anda ambil pasti akan lama.  Memang waktu yang panjang jumlah cicilannya pun juga akan semakin kecil. Namun anda tidak akan cepat selesai dengan tanggungan itu.

Inilah salah satu fungsi dari estimasi pembayaran. Orang yang melakukan estimasi pembayaran dengan matang maka hasilnya pun pasti akan memuaskan dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Yang paling penting dalam mengambil kredit kendaraan adalah pemilihan jangka waktu kredit.

5. Memastikan kelengkapan surat atau dokumen kendaraan setelah lunas cicilan

Setelah semua kredit anda selesaikan dengan baik maka sebaiknya segeralah mengambil dokumen – dokumen bukti kepemilikan kendaraan tersebut.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan terkait data yang tertera dalam dokumen  tersebut. Setelah anda pastikan semua benar maka dengan begitu kendaraan tersebut sudah sah menjadi milik anda sepenuhnya. Tidak perlu lagi memikirkan kredit dan anda sudah bisa hidup tenang.

Tags

Info Lainnya

Close