Kredit Mobil di Bank Atau Melalui Perusahaan Leasing Mana Yang Lebih Baik

Kelebihan dan kekurangan mengajukan kredit mobil melalui perusahaan leasing dibandingkan dengan lewat bank memang seringkali menuai pro dan kontra.

Meskipun demikian, sebenarnya dari kedua cara pembiayaan kredit kendaraan bermotor tersebut basicnya tetap sama yaitu pemohon dibantu untuk dapat memiliki mobil yang di inginkan dengan cara pembayaran mencicil atau mengangsur sesuai dengan tenor yang disepakati.

Kemudian beberapa syarat maupun prosedur yang harus bisa dipenuhi oleh pemohon juga tidak jauh berbeda dimana yang paling penting ialah mengenai kondisi keuangan yang baik dan stabil dari calon pemohon yang akan menjadi acuan tim surveyor pemberi kredit.

KPM (Kredit Pemilikan Mobil)

KPM adalah suatu fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh lembaga pembiayaan kredit terutama apabila pembeli tidak memiliki uang tunai untuk membeli kendaraan tersebut secara langsung. Alur sistem yang paling mudah dipahami ialah bahwa lembaga tersebut akan membayarkan sejumlah harga mobil ke dealer kemudan pihak pembeli bertanggung jawab untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Cicilan ini biasanya harus dibayar selama tenor kredit, dimana jangka waktunya berbeda dan harus disesuaikan dengan lembaga tersebut. Cicilan yang harus dibayarkan terdiri dari utang pokok dan bunga pinjaman. Saat ini sudah banyak pilihan lembaga pembiayaan kredit, dua tempat yang paling populer adalah bank dan leasing.

Bank

Selain menjadi lembaga keuangan yang memfasilitasi transaksi simpan dan pinjam uang, bank juga memberikan fasilitas kredit pemilikan, salah satunya adalah kredit pemilikan kendaraan.  Kredit pemilikan mobil atau kendaraan bermotor lainnya yang ditawarkan oleh bank dapat digunakan untuk kendaraan baru maupun bekas. Pada saat pengajuan aplikasi, pengaju harus memenuhi beberapa syarat seperti:

  • Bukti identitas diri (KTP, KK atau Surat Nikah)
  • Bukti penghasilan (Slip Gaji, Surat Keterangan Kerja)
  • Bukti pajak (NPWP)

Setelah pengaju memenuhi syarat tersebut, pihak bank kemudian akan memproses aplikasi. Proses aplikasi membutuhkan waktu yang beragam, paling cepat ada yang 1 (satu) hari hingga paling lambat, 7 (tujuh) hari.

Setelah disetujui, berarti kredit diterima, pengaju mendapatkan kendaraan dan harus memenuhi tanggung jawabnya sebagai peminjam dengan membayar cicilan bulanan.

Leasing

Pengertian leasing ialah berasal dari kata bahasa Inggris yang berarti menyewakan, dalam istilah keuangan, leasing bermakna sebuah aktivitas pembiayaan yang diberikan oleh sebuah perusahaan (lessor) kepada pelanggan (lesse) dengan bentuk peminjaman atau pengadaan barang modal dalam bentuk sebuah perjanjian dengan ketentuan seperti:

  • Penyewa mempunyai kewajiban untuk membayar uang sewa secara periodik, umumnya sebulan sekali.
  • Ada ketentuan tenor sewa dengan jangka waktu yang beragam, seperti 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun hingga lebih dari 7 tahun.
  • Perusahaan memiliki pilihan untuk membeli atau menyerahkan barang modal yang telah disewakan tersebut pada akhir masa perjanjian.

Leasing biasanya diajukan oleh pemohon yang dapat berupa sebuah organisasi, perusahaan atau perorangan, dengan barang yang diajukan dapat berupa kendaraan untuk kebutuhan industri, kebutuhan sehari-hari dan lainnya yang didapatkan dari supplier.

Di dalam pembiayaan dengan menggunakan leasing, Anda juga harus menyertakan asuransi dari pihak supplier atau penyedia jasa asuransi dengan pilihan asuransi seperti all-risk, total lost only (TLO) atau asuransi gabungan.

Di Indonesia, pengajuan kepemilikan mobil dengan menggunakan leasing cukup terkenal dan setiap tahunnya, angka pengajuan mengalami peningkatan yang signifikan.

Persamaan Bank dan Leasing

Dari 2 macam lembaga tersebut, ada 1 kesamaan yaitu pemohon tetap membutuhkan DP (Down Payment) minimal 30% dari harga jual mobil, baik baru maupun bekas, yang mana harga tersebut telah disetujui oleh kedua belah pihak.

Ketentuan ini didasarkan pada Surat Edaran Ekstern No. 14/10/DPNP tanggal 15 Maret 2012 tentang Penerapan Manajemen Risiko pada Bank yang Melakukan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Untuk memilih pembiayaan mana yang sebaiknya Anda pilih, harus kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing. Jika Anda telah mengajukan kredit kepada pihak perbankan dan ditolak, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba pengajuan kredit melalui pihak leasing.

Strategi paling jitu supaya anda bisa dengan mudah disetujui oleh pihak bank maupun leasing ketika hendak mengajukan kredit ialah apabila anda memiliki salah satu produk kartu kredit yang di terbitkan oleh bank.

Bisanya pihak leasing maupun bank akan memprioritaskan pemohon KKB (kredit kendaraan bermotor) atau KPM (kredit pemilikan mobil) yang telah memiliki kartu kredit sebagai acuan bahwa nasabah tersebut telah terbukti mempunya histori keuangan yang baik.

Tags

Info Lainnya

Close